PESEPAKBOLA MUSLIM DI DUNIA

Bagi anda pencinta sepakbola, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini saya akan menghadirkan nama-nama pesepakbola yang beragama Islam. Mungkin anda terkejut melihat selebrasi pemain sepakbola setelah mencetak gol, ada sebagian dari mereka yang melakukannya dengan sujud seperti yang kerap dilakukan oleh Sulley Muntari. Bukan hanya lewat selebrasi gol yang mereka lakukan untuk memperlihatkan identitas mereka sebagai seorang muslim, tak jarang dari mereka selalu menengadahkan kedua tangan mereka keatas sebelum pertandingan di mulai.

Berikut sedikit kisah teladan dari pesepakbola muslim dunia yang masih aktif berkarir di dunia sepakbola:


SAMIR NASRI
Samir Nasri
Gelandang Manchester City ini memiliki kebiasaan yaitu selalu membaca surat Al Fatihah sebelum pertandingan dimulai. Saat Manchester City memastikan diri sebagai juara Liga Inggris 2011-2012, Samir Nasri mengucapkan kalimat takbir di depan kamera dalam sebuah interview. Ini ia lakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas trofi yang dia dapatkan.

NICOLAS ANELKA
Nicolas Anelka
Nicolas Anelka memeluk agama Islam saat ia bermain di klub Turki, Fenerbache, pada tahun tahun 2004 silam dan memiliki nama Islam yaitu Abdul Salam Bilal Anelka. "Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam maupun di luar lapangan. Saya menjalani karier yang berat. Saya kemudian berketetapan hati untuk menemukan kedamaian. Dan akhirnya saya menemukan Islam."

Meskipun berkompetisi di bulan Ramadhan, Anelka tetap menjalankan puasa 1 bulan penuh. Ketika Chelsea masih dilatih oleh Andres Villas Boas, sang pelatih menyuruh pemain yang sedang berpuasa untuk tetap berada di meja makan. Anelka dan pemain muslim lainnya hanya bisa melihat rekan-rekannya makan dengan lahap. Meski begitu, dia tidak tergerak untuk membatalkan puasa. “Walau iri, saya tetap harus berpuasa,” tegas Anelka.

Anelka pernah berkata bahwa Islam banyak membantu saya untuk bisa bersikap tenang dan berkonsentrasi serta memiliki semangat tinggi. Saya senang menjadi seorang Muslim, sebuah agama yang tenang dan saya banyak belajar dari Islam.

FRANK RIBERY
Frank Ribery
Ribery memeluk Islam setelah ia menikahi gadis Prancis keturunan Maroko dan sejak saat itu ia memiliki nama Islam yaitu Frank Blal Ribery. Menurut Ribery, slam membawanya kepada keselamatan dan Islam menjadi sumber kekuatannya di dalam maupun di luar lapangan. "Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan sepak bola. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya harus menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan dan saya menemukan Islam," ungkap Ribery.

Ribery diketahui beragama Islam sejak Piala Dunia 2006 saat Prancis melawan Swiss. Saat itu Ribery kepergok sedang menengadahkan kedua tangannya keatas seperti seorang Muslim yang lagi berdoa. Ribery mengaku sebagai seorang muslim yang tidak pernah meninggalkan sholat wajib 5 waktu dan selalu berpuasa penuh di bulan Ramadhan.

YAYA TOURE
Yaya Toure
Yaya Toure menjadi bintang Manchester City saat mencetak dua gol ke gawang Newcastle United, tapi dalam pesta perayaan ia menolak menerima sebotol besar champagne saat pesta kemenangan di ruang ganti. "Maaf! Saya tidak minum alkohol. Saya Muslim," ujar Yaya Toure seraya menyerahkan botol besar champagne ke Joleon Lescott, rekannya.

Saat masih di Barcelona, Yaya Toure menjadi imam bagi dua rekannya yaitu Eric Abidal dan Seydou Keita. Ketiganya selalu menyampatkan diri untuk shalat berjamaah. Toure dianggap memiliki pengetahuan keagamaan yang lebih dibanding Abidal dan Keita.

Ketika Yaya Toure memutuskan pindah ke Manchester City, Abidal dan Keyta menjadi orang yang paling kehilangan. Dalam salah satu kesempatan wawancara dengan salah satu radio, Abidal sempat mengatakan "kami kehilangan imam."

KOLO TOURE
Kolo Toure
Kolo Toure merasa sebagai seorang muslim dia harus menghormati orang lain. Kesuksesan dirinya selalu disebutnya berkat doanya kepada Allah. Ia juga pernah menjadi guru ngaji di salah satu masjid di kota London, kala itu Toure masih berkostum Arsenal.

Selain tangguh menjaga pertahanan Manchester City, Kolo Toure juga kuat menjaga imannya. Kehidupannya di Manchester semakin nyaman ketika mantan punggawa Barcelona sekaligus sang adik, Yaya Toure, ikut bergabung dengan Manchester Cty.

Kolo Toure termasuk pribadi yang saleh. Bahkan, ketika masih membela Arsenal, ia termasuk salah satu guru mengaji. Setelah ia hijrah ke Manchester, Toure masih bolak-balik Manchester-London demi melanjutkan pengajarannya.

Siapa yang menyangka, di balik kegarangannya di lapangan, Toure adalah sosok yang lembut dan penuh pengabdian terhadap Islam. Kendati begitu, Kolo tidak memungkiri ia sering bolong dalam menunaikan puasa Ramadhan ketika timnya bertanding. Latihan berat yang dijalani City memaksa punggawa Pantai Gading itu membatalkan puasanya. Namun, ia selalu mengganti puasa Ramadhan di lain hari. “Itu adalah konsekuensi sebagai seorang Muslim,” kata dia.

ERIC ABIDAL
Eric Abidal
Setelah memutuskan memeluk agama Islam atau menjadi mualaf, Abidal menambahkan nama 'Bilal' di tengah namanya. Punggawa Timnas Prancis itu terus berupaya menjadi Muslim taat pascamengucapkan dua kalimat syahadat. Bek Barcelona ini gemar sekali membaca beberapa ayat Alquran sebelum berlaga. Di setiap sesi latihan klub, Abidal tidak pernah melupakan untuk membawa tas kecil berisi Al Quran mini.

KARIM BENZEMA
Karim Benzema
Striker Real Madrid yang berdarah Aljazair ini mengaku beruntung membela Los Blancos alasannya ketika Madrid menjalani kompetisi di bulan Ramadhan, dia tidak sendirian menjalani puasa. Kalau sebelumnya dia bersama Mahmadou Diarra dan Lassana Diarra selalu menjalankan ibadah puasa bersama, kini Benzema ditemani oleh Mesut Ozil dan Sami Khedira.

SULLEY MUNTARI
Sulley Muntari
Pria yang memiliki nama asli Sulleyman Ali Muntari adalah gelandang Inter Milan yang kini sedang dipinjamkan ke AC Milan. Muntari beberapa kali kerap merayakan golnya dengan sujud syukur. Hal ini mengundang reaksi positif dari komunitas Muslim di Italia. Banyak yang berkata, Muntari menunjukkan dalam kebahagiaan setinggi apa pun ia tetap menunjukkan kerendahannya di depan Allah dengan cara bersujud.

Demikian sekilas tentang pesepakbola Muslim yang masih aktif bermain sepakbola. Insyaallah lain kali akan saya tambahkan.

Related Post:

0 comments:

Poskan Komentar

BERLANGGANAN ARTIKEL

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TWITTER

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...