PEMERINTAH RESMI TETAPKAN 1 RAMADHAN JATUH PADA HARI SABTU

Dalam sidang isbat yang dilaksanakan di Jakarta, akhirnya Menteri Agama, Suryadharma Ali, resmi menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1433 H jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012. Keputusan ini diambil berdasarkan pandangan sejumlah Ormas Islam di Indonesia.

"Kami memutuskan dan menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1433 jatuh pada Sabtu 21 Juli 2012", ucap Menteri Agama Suryadharma Ali pada sidang isbat yang berlangsung di Gedung Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2012).

Berbeda dengan pemerintah, PP Muhammadiyah seelumya telah mengeluarkan maklumat penetapan 1 Ramadhan. Isi dari maklumat tersebut menyatakan bahwa 1 Ramadhan versi Muhammadiyah jatuh pada tanggal 20 Juli. Itu berarti warga Muhammadiyah sudah mulai salat tarawih pada 19 Juli.

Bukan hanya Indonesia saja yang menetapkan kalau 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, namun beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam juga melakukan hal yang sama. Sementara Arab Saudi akan mulai menjalankan puasa pada hari Jum'at waktu setempat.

Meski penetapan 1 Ramadhan berbeda namun Idul Fitri (1 Syawal 1433 H) kemungkinan besar akan terjadi keseragam yakni akan jatuh pada tangga 19 Agustus 2012. Hal ini karena saat Maghrib pada 18 Agustus, seluruh wilayah di Indonesia bulan masih berada di bawah ufuk atau belum wujud, sehingga tidak dalam posisi kritis.

Related Post:

0 comments:

Posting Komentar

BERLANGGANAN ARTIKEL

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TWITTER

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...