SEJARAH EURO

Tropy EURO
Ide untuk dibentuknya kompetisi antar negara-negara Eropa datang dari Henry Delaunay. Ide ini ia kemukakan karena melihat ada kepincangan dalam sepakbola, Tim Amerika Latin terlalu kuat bagi Tim Eropa, faktanya yaitu Uruguay dua kali berturut-turut meraih medali emas dalam ajang Olimpiade yaitu tahun 1924 dan 1928. Berkat prestasi itu juga maka FIFA menunjuk Uruguay untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia I tahun 1930.


Ide Delaunay ini cukup sederhana, hanya ingin menambah frekuensi pertandingan tim-tim negara Eropa dalam satu wadah kejuaraan. Namun sayang, ide ini tidak mendapat respon dari UEFA, UEFA malah menggelar kejuaraan antar klub Eropa dan hingga kini di kenal dengan Liga Champions.


Delaunay dikenal sebagai tokoh sepakbola yang sangat berpengaruh dan ia sangat aktif dan peduli atas perkembangan sepokbola dan peraturannya. Bersama Jules Rimet, Delaunay ikut berjuang mendirikan FIFA dan menggelar Piala Dunia. Delaunay juga sebagai salah satu pendiri Federasi Sepak Bola Perancis (FFF). Delauney juga aktif membidani kelahiran Uni Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Bahkan, pada 1954, dia ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal UEFA. Namun, baru setahun menjabat, dia wafat.


Karena idenya ditolak oleh UEFA, Delaunay kecewa hingga ia jatuh sakit dan mengakibatkan ia wafat pada tahun 1955. Meninggalnya Delauney mengejukan petinggi UEFA, hingga pada tahun 1958 UEFA mengadakan kongres untuk menghormati mendiang Delaunay, dan akhirnya ide lawas Delauney itu akhirnya disetujui.


Berkat ide gemilang Delaunay tersebut akhirnya sejak tahun 1960, EURO I resmi diadakan dan untuk menghormati mendiang Delaunay maka Prancis di tunjuk sebagai tuan rumah. EURO I dikenal dengan nama European Cup of Nations atau Henri Delaunay Cup. Trofinya pun dinamakan Henri Delaunay.


Pada kejuaraan pertama ini, tiga negara Eropa yaitu Jerman, Italia dan Inggris menolak untuk bergabung bahkan Spanyol mengundurkan diri setelah kompetisi ini berjalan. Spanyol mengundurkan diri karena menolak untuk bertanding melawan Uni Soviet yang mendukung Republik Spanyol Kedua.


Data Piala Eropa 1960
Tuan rumah: Perancis
Waktu: 6 Juli-10 Juli
Tim: 4
Venue: Paris dan Marseille
Juara: Uni Soviet
Runners-up: Yugoslavia
Tempat ketiga: Cekoslovakia
Tempat keempat: Perancis

Related Post:

0 comments:

Posting Komentar

BERLANGGANAN ARTIKEL

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TWITTER

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...