MU AKAN KEMBALI KE BABAK 16 BESAR LIGA CHAMPIONS 2011-2012

Manchested United
Meski telah tersingkir dari Liga Champions Eropa, MU berpeluang untuk kembali melanjutkan kiprahnya di babak 16 besar Liga Champions apabila FIFA benar-benar menjatuhkan skorsing kepada Asosiasi Sepakbola Swiss (ASF-SFV), apabila hal itu benar terjadi maka FC Basel dilarang untuk melanjutkan kompetisi Liga Champions Eropa.

FIFA mengancam menjatuhkan skorsing kepada Asosiasi Sepakbola Swiss menyusul pelanggaran yang dilakukan salah satu klub lokal Swiss, Sion.

FIFA mengancam akan menjatuhkan sanksi berupa skorsing kepada Swis karena tidak menjatuhi hukuman terhadap Sion yang memainkan pemain ilegal dalam ajang Liga Eropa. FIFA memutuskan Sion telah bersalah melanggar aturan saat melakukan transfer kiper Al Ahly, Essam El-Hadari.

Kasus klub Sion ini bermula pada tahun 2009 saat klub tersebut melanggar hukuman FIFA, berupa larangan melakukan transfer selama satu tahun, akibat menyalahi aturan dalam transfer kiper Mesir Essam El-Hadary tahun 2008.

Dalam kurun setahun larangan transfer itu, Sion merekrut enam pemain. Keenam pemain ini mengajukan kasus mereka ke pengadilan umum di wilayah Valais, yang mengabulkan tuntutan itu dan memutuskan mereka bisa tampil di Liga Swiss. Sion pun menurunkan keenam pemain itu di Liga Swiss dan Liga Eropa saat menaklukkan Celtic di babak playoff Liga Eropa bulan Agustus lalu. Namun, kemenangan tersebut dianulir dan dibatalkan UEFA karena Sion dianggap telah memainkan pemain-pemain tidak sah. Sion kembali mengajukan tuntutan ke pengadilan umum lainnya di wilayah Vaud, tempat UEFA bermarkas, dengan harapan UEFA mengembalikan posisi Sion di Liga Europa.

Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) pada Kamis (15/12), mendukung keputusan UEFA yang menolak memasukkan kembali Sion ke Liga Europa. Setelah dikeluarkan dari Liga Europa, Sion kemudian mengajukan beberapa gugatan melalui pengadilan-pengadilan Swiss, tindakan yang memicu kemarahan komite eksekutif FIFA.

"Sebagai konsekuensinya, semua pertandingan di mana pemain yang bersangkutan turut berpartisipasi, maka klub dinyatakan kehilangan tiga poin," ujar pernyataan resmi di situs resmi FIFA.

Hingga saat ini FA Swiss belum juga menjatuhi hukuman terhadap Sion yang telah mendatangkan 6 pemain pada musim panas lalu. Dalam sebuah pernyataan resmi di situs FIFA, Badan tertinggi sepakbola dunia ini mengecam sikap Sion yang berulang kali mencoba untuk menghindari keputusan yang telah dikeluarkan FIFA.

FIFA memutuskan untuk memberikan batas waktu terakhir pada 13 Januari 2012 pada FA Swiss untuk melaksanakan hukuman registrasi pada Sion, jika batas waktu ini tidak dihormati, FA Swiss akan secara otomatis dihukum sejak 14 Januari 2012 mendatang.

Jika skorsing dijatuhkan, maka tim nasional Swiss, para wasit dan ofisial dan seluruh klub Swiss dilarang mengambil bagian dalam seluruh pertandingan internasional. Swiss juga dilarang menerima bantuan dana FIFA.

Sanksi ini juga akan berlaku bagi FC Basel, FC Basel terancam terlempar keluar dari babak 16 besar Liga Champions. Dan Manchester United menjadi klub yang paling memungkinkan untuk menggantikan Basel setelah Setan Merah berhasil finish di posisi ketiga Grup C Liga Champions.

Wakil presiden FC Basel, Bernhard Heusler tetap optimistis. “Saya yakin kami akan berlaga melawan Bayern Muenchen, tapi saya menanggapi ancaman ini dengan serius.”

Related Post:

0 comments:

Posting Komentar

BERLANGGANAN ARTIKEL

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TWITTER

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...