GELANDANG PENGUMPAN TERBAIK DI EROPA

Leon James Britton
Predikat pengumpan terakurat di Eropa saat ini justru jadi milik gelandang asal Inggris milik Swansea City yaitu Leon James Britton.


Pemain berjuluk The Little, dari posturnya yang bertinggi 165 sentimeter, merupakan pemain paling akurat dalam memberikan umpan di Eropa. Dilansir Telegraph, Britton melepaskan total 1127 umpan pada musim ini dan 93,3 persen di antaranya tepat sasaran. Jumlah ini menempatkan pemain berusia 29 tahun ini sebagai pengumpan paling akurat di liga-liga top Eropa.


Britton, 29 tahun, merupakan dua pemain Swansea yang berada di 10 tingkat elite gelandang di Eropa untuk urusan keakuratan umpan. Satu lainnya yakni Allen yang baru berusia 21 tahun. Gelandang alumnus akademi sepakbola Arsenal ini juga tercatat menjadi satu dari sedikit pemain yang mampu mencatatkan 100 persen passing akurat dalam sebuah pertandingan, ketika Swansea melibas Bolton Wanderers 3-0, Oktober lalu.


Hebatnya Swansea, klub ini tak hanya memasukkan nama Britton saja dalam data statistik ini, pemain The Swans lainnya, Joe Allen menempati posisi keenam dengan akurasi umpan 90.3 persen dari 1075 operannya.


Sebuah catatan mengesankan. Pasalnya hanya sembilan pemain yang mampu mencatat prestasi umpan tanpa cela di sebuah pertandingan dalam enam tahun terakhir. Namun delapan pemain lain itu, selain Britton, semuanya berposisi pemain bertahan yang biasanya memberikan bola ke sesama rekan di barisan belakang.


The Swans saat ini menempati peringkat keenam daftar klub dengan umpan paling akurat di Eropa dengan akurasi 85,2 persen. Mereka cuma kalah dari Barca (89,2 persen), Bayern Munich (87 persen), Manchester City (86,2 persen), Real Madrid (85,5 persen), dan Chelsea (85,5 persen). Pasukan Brendan Rodgers masih lebih baik dibandingkan AC Milan, AS Roma, Tottenham Hotspur, dan Arsenal.


Itulah mengapa tak heran The Swans, julukan Swansea, mampu mengalahkan Arsenal 3-2 akhir pekan lalu. Filosofi menyerang yang diracik manajer Brendan Rodgers juga tak bisa dikesampingkan. Manajer yang pernah diminta bantuannya oleh Jose Mourinho menangani tim reserve Chelsea itu mampu membawa Swansea saat ini menempati posisi ke-10 di musim debut Liga Premier.


Di peringkat kedua barulah ada nama Xavi, dia memiliki level akurasi umpan 93 persen dari 1830 operan yang dilepaskan.


Berikut data statistik urutan pengumpan terbaik klub-klub Eropa :


Statistik Umpan

Related Post:

0 comments:

Posting Komentar

BERLANGGANAN ARTIKEL

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TWITTER

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...