NOMINASI PEMAIN TERBAIK AFRIKA 2011

Yaya Toure
Konfederasi sepakbola Afrika (CAF) telah mengumumkan lima nama yang akan bersaing memperebutkan gelar pemain terbaik Afrika 2011.

Pemain yang masuk nominasi ini berdasarkan voting yang dilakukan para pelatih, ataupun direktur teknik dari asosiasi CAF. Bukan itu saja, pelaksanaan pemilihan nominator ini dilakukan oleh komite teknik, sepakbola, dan media CAF, sejak dari Januari hingga November 2011.

Kelima nominator itu adalah gelandang Olympique Marseille dan Ghana Andre Ayew, Samuel Eto’o (Anzhi Makhachkala/Kamerun), Seydou Keita (Barcelona/Mali), Moussa Sow (Lille/Senegal), dan Yaya Toure (Manchester City/Pantai Gading).

Toure diunggulkan untuk memenangkan penghargaan tersebut karena perannya mengakhiri puasa gelar Manchester City selama 35 tahun. Dia menunjukkan performa luar biasa bersama Manchester City pada musim lalu dan mengantarkan klub kaya raya itu meraih trofi Piala FA dan lolos ke Liga Champions.

Finalis lain juga memiliki peluang yang besar. Eto'o merupakan pemenang tahun lalu. Ia memegang rekor empat kali memenangkan penghargaan tersebut. Setingkat di atas Asamoah Gyan dan Didier Drogba. PenyerangSenegal, Moussa Sow juga memiliki peluang besar. Musim lalu ia membantu Lille memenangkan dua gelar juara. Ia sendiri menjadi top skorer Ligue 1 dengan 25 gol.

Pemain yang berhak mendapatkan gelar terbaik akan diumumkan dalam sebuah acara pada 22 Desember nanti di Accra, Ghana. Ini merupakan kali keetiga bagi ibukota Ghana tersebut menjadi tuan rumah penyelenggaraan setelah tahun 2006 dan 2009.

Nominasi lain yaitu Seydou Keita dan Andre Ayew tak boleh dikesampingkan. Keita membantu Barcelona meraih gelar juara Liga Champions untuk kedua kalinya dan juara La Liga untuk ketiga kalinya pada tahun 2011. Ayew berharap dapat mengikuti jejak ayahnya, Abedi Pele, yang memenangkan penghargaan tersebut sebanyak tiga kali.

Related Post:

0 comments:

Posting Komentar

BERLANGGANAN ARTIKEL

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

TWITTER

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...